Agus Mulyadi Njaluk Rabi

Kemenangan Pemilu

| Wednesday 14 February 2024 |

Pencoblosan sudah usai, penghitungan sudah mulai dilakukan. Hasil quick-count dari berbagai lembaga sudah mulai masuk satu per satu. Hasilnya pun sudah mulai bisa diraba.

jari ungu

Buat kawan-kawan yang sudah berikhtiar mencoblos di TPS untuk memilih paslon yang didukung, apa pun hasilnya, tetaplah menjadi pihak yang enteng. Boleh kecewa, boleh sedih, tapi jangan pernah merasa menjadi pribadi yang kalah. Itu jatahnya para paslon yang berlaga dan para pemain yang sudah keluar duit banyak buat ngongkosi.

Kita sebagai pemilih biasa, yang tidak pernah dijanjikan jabatan atau posisi tertentu oleh paslon yang kita dukung, selalu punya mekanisme untuk memposisikan diri menjadi pihak yang selalu menang secara moral.

Pemilih, sebagai pihak yang memberikan mandat kekuasaan, punya aneka skenario untuk mendinginkan dan membesarkan hati, siapa pun pilihannya dan apa pun hasil pemilunya.

Kalau paslon pilihan kita menang dan mereka ternyata memimpin dengan baik dan amanah, maka kita patut berbahagia sebab kepemimpinan yang baik itu salah satunya karena andil dukungan dan suara kita.

Sebaliknya, jika paslon pilihan kita menang dan mereka ternyata berbuat kerusakan saat memimpin, kita bisa membayangkan, paslon yang kita anggap baik saja bisa berbuat kerusakan seperti itu, maka bisa jadi, paslon yang kita anggap buruk akan berpotensi membuat kerusakan yang lebih besar dari itu seandainya mereka berkuasa.

Kalau paslon pilihan kita kalah dan paslon yang menang ternyata memimpin dengan baik, kita patut berbahagia, sebab walau kita tidak ikut memilihnya, namun kita ikut menikmati hasil kebaikan kepemimpinan mereka.

Sebaliknya, kalau paslon pilihan kita kalah dan paslon yang menang ternyata memimpin dengan penuh kezaliman dan kerusakan, maka kita bisa membesarkan hati, bahwa setidaknya, tidak ada andil kita dalam kezaliman itu, dan kita sudah berusaha untuk tidak membuat mereka berkuasa.

Begitu sederhananya. Mengutip apa kata Prie GS, kita selalu punya siasat untuk menciptakan kebahagiaan dan kemenangan versi kita sendiri dalam hidup.

Buat yang menang, selamat memimpin. Buat yang kalah, jadilah oposisi yang kuat, kalaupun memilih jadi mitra, jadilah mitra yang kritis dan suportif.




Sawer blog ini

0 komentar :

Post a Comment

Tentang Saya

Saya Agus Mulyadi, biasa dipanggil Gus Mul (bukan lulusan pesantren seperti Gus Dur, Gus Muh, maupun Gus Mus. Gus Mul hanya akronim dari nama saya). Blogger dan Freelance Layouter. Kini berusia 24 tahun. Aktif di Karang Taruna dan Komunitas Blogger Magelang Pendekar Tidar. Profil lebih lengkap, Lihat Disini
 
Copyright © 2010 Blog Agus Mulyadi , All rights reserved
Design by DZignine . Powered by Blogger